Merantau #17 Kegiatan awal semester

Tepat tengah bulan September 2016 sudah saatnya memasuki semester baru. Semester 3 bagiku dan semester 1 bagi Mahasiswa Baru (MaBa). Seperti pada umumnya awal semester ganjil di setiap prodi selalu mengadakan Malam Keakraban (Makrab) untuk MaBa. Dan kali ini giliran angkatanku yang menjadi panitia Makrab. Karna tidak mau mendapat beban yang berat menjadi ketua divisi, aku lebih memilih menjadi anggota devisi acara. Mungkin waktu itu aku tidak percaya sama kemampuan diri sendiri.

Mengikuti kepanitian merupakan salah satu usahaku untuk meningkatkan kapasitas diri. Ya walaupun acara yang akan aku jalankan saat ini Makrab. Acara yang aku ngak suka sebenarnya, makanya waktu maba dulu aku ngak ikut. Karna menurutku acara ini tidak ada manfaatnya. Tapi mungkin karna itu juga  sekarang aku ingin membuat makrab kali ini menjadi lebih bermanfaat atau lebih seru.

Makrab kali ini akan dilaksanakan diakhir bulan oktober. namun persiapannya sudah dilakukan sejak jauh hari. Mulai dari survey tempat lokasi sampai menyiapkan kendaraan harus dipersiapkan matang-matang. Karna aku yang cenderung perfeksionis dan sistematis orangnya, ditambah ini acara pertama dimana aku terlibat langsung dalam penyusunan kegiatan, jadi kompleksitas keribetanku bertambah berkali-kali lipat hehe. Bahkan ketua divisi acara juga kena marah karna menurutku dia seperti tidak tau membuat acara yang sistematis dan terencana rapih.

Untuk makrab kali ini dilaksanakan di pantai labu sawo. Lumayan disini tempatnya luas dan tidak berbayar juga jadi sangat cocok untuk kami para mahasiswa. Susunan acara sudah terencana rapih, tidak ada waktu kosong yang terbuang sia-sia. Semuanya telah diisi oleh kegiatan supaya tidak menurunkan flow acara. hanya ada 1 masalah kami hanya mendapat 1 tenda besar. dan Karena namanya makrab pastinya kami akan menginap selama semalam disini, jadi tenda adalah perlengkapan yang harus benar-benar siap. Tapi apa mau dikata, terpaksa kami menyatukan tempat tidur untuk laki-laki dan perempuan, hanya dibatasi kain pembatas aja.

Karna di kampus kami setiap sabtu pagi ada kegiatan rutin wajib bagi mahasiswa baru, jadi kami merencakanan akan berangkat sekitar jam 12.30. yaa entah mereka itu angap rencana atau wacana tapi namanya orang Indonesia jadi kami baru berangkat jam 2 siang dan sampai lokasi jam 3 sore. Setelah sampai langsung diarahkan untuk menaruh barang dan pengarahan teknis makrab kali ini dilanjut langsung dengan shalat ashar berjamaah. Kalau situasi sudah seperti ini yang bisa kami usahakan hanya berusaha untuk kembali menyesuaikan dengan rundown yang sudah direncanakan. Jika sesuai rencana setelah shalat ashar berjamaah akan ada games, tapi sepertinya alam tidak merestukan, tiba-tiba hujan turun deras disertai angin lumayan kencang. Terpaksa games dibatalkan dan panitia sibuk benerin tenda supaya tidak roboh. Hujan mulai mereda sekitar jam 4.30 sore, nah disituasi seperti ini tingkat kecerdikan kepanitian diuji. Panitia terutama anak acara harus membuat keputusan mau dibawa kemana arah kegiatan kali ini. sempat bingung untuk memilih melanjutkan games atau acara bebas, dan akhirnya diputuskan untuk waktu yang tersisa diisi oleh latihan pentas seni nanti malam dan persiapan pribadi (jika ingin mandi).

Masalah sore sudah terselesaikan dan alhamdulillahnya cuaca malam ini bersahabat. Acara malam ini dilanjutkan dengan pentas api unggun. Setiap kelompok mendapatkan kesempatan tampil untuk malam ini. seru acara malam ini, ramai disini dengan macam-macam penampilan mulai dari nyanyi sampai drama komedi. Selama penampilan tak ada masalah acara pentas api unggun telah usai. Semua diarahkan untuk beristirahat karna jaga-jaga kami mau tidak sampai larut dan besok masih ada kegiatan juga. Tapi apa mau dikata ada para kaka tingkat tidak mau diatur panitia, mereka ada yang karoke sampe nyalain kembang api. Tidak tidur sampai larut. Akhirnya kejadian yang tak inginkanpun terjadi.

Semuanya bermula dari teman sekelasku, sebelumnya kami sudah saling mengingatkan

ajak ngobrol dia ya, jangan sampai bengong”.

Aku yang jadi panitia acara agak kelimpungan menangani kaka tingkat dan yang lainnya juga masih sibuk dengan tugasnya masing-masing dan sampai salah satu temanku nanya

ehhh si *** kemana?”

Dengan panik kami semua pergi mencari temanku, berpencar mencari disekitar area Makrab. Akhirnya ada yang melihat dia dipinggir pantai dan sedang berjalan kearah laut. Setelah dipanggil dan ditanya katanya dia melihat temanku jalan masuk kedalam laut, setelah itu dia pingsan dan kesurupan. Awalnya satu orang, lalu bertambah jadi 2, 3,4, makin lama semakin banyak dan tak terkendali. ribut sana sini terutama para mahasiswa baru. Sampai akhirnya aku suruh mereka untuk istigfar dan tidur. Cara itu tidak membantu sampai-sampai temanku dengan inisiatifnya memanggil ‘orang pinter’.hadehh makin ruwet sudah, aku yang males berurusan dengan orang pinter membiarkan aja toh juga dia udah sampe ngak mungkin jugakan untuk diusir. Sampai ada yang laporan kata orang pinternya kita disuruh pergi dari tempat ini. aku yang kesal langsung jawab

“ lahh ngak bisalah balik pake apa kita jam segini, tawar gih kita pulang besok.”

dan akhirnya setelah proses negosiasi disepakiti kita bisa pulang besok pagi. Suasana ini terjadi sampe pukul jam 2 pagi baru mulai mereda, aku yang mulai lelah akhirnya bodo amatlah biarin aja entar juga reda sendiri. Lebih baik tidur dulu sekarang toh juga mulai terkendali.

Malam yang mencekam sudah selesai. Sekarang mulai hari dengan sambutan mentari pagi dan surutnya air pantai memperlihatkan keindahannya yang disembunyikan. Ada pasir yang membelah kearah laut dan kita bisa berjalan diatasnya.

 Acara pagi ini lanjutkan dengan olahraga dan games pastinya. Ditutup dengan foto bersama. Tapi aku tidak bisa berlama-lama pagi ini. karna aku ikut seleksi lomba akuntansi dan jadwalnya pagi ini. aku harus segera berangkat ke kampus. Tanpa sempat mandi dan hanya dengan ganti baju aku langsung melaju ke kampus.

Syukurnya ketika sampai di kampus seleksinya belum dimulai, tentunya aku sampai paling akhir temanku dan kaka tingkat yang satu tim denganku sudah menunggu dengan membawa tumpukan buku akuntansi. Seleksi yang aku ikuti saat ini masih seleksi online tahap awal. kami mengerjakan di perpus kampus, karena kami sudah izin kemarin untuk meminjam ruangan perpustakaan jadi hari ini kami memakai perpus. Awalnya sih tak ada masalah tapi lama-kelamaan rasa kantuk mulai menjalar keseluruh tubuh, ditambah dengan suasana yang sunyi dan perpus yang dingin menambah rasa kantukku. Aku berganti posisi yang sebelumnya duduk dibawah pindah ke kursi, tapi tidak ada pengaruh apa-apa. Padahal soal yang aku kerjakan itu mudah dan seharusnya aku bisa mengerjakannya dalam waktu singkat, tapi kali ini tidak konsentrasiku buyar tidak bisa berfikir. Akhirnya aku tertidur dan bangun ketika waktu sudah hampir habis. Dalam hati aku menggerutu seandainya aku tidak ikut jadi panitia makrab aku bisa mengikuti seleksi kali ini dengan lebih serius. Tapi alhamdulillahnya semua soal sudah terisi dan jelas itu tanpa kontribusiku. Tak enak hati aku sama temanku dan kaka tingkat yang sudah percaya kepadaku. Tapi apa mau dikata nasi udah jadi bubur, tak bisa diulang lagi. Yang bisa kami lakukan hanya berdoa untuk yang terbaik.

Tapi ikut dalam kepanitian di acara makrab bagiku adalah sebuah wadah pembelajaran. Disini aku belajar bekerja sama dengan banyak orang dan banyak tujuan juga, mulai dari emang memberikan acara terbaik sampai yang hanya modus untuk kenalan sama adek tingkat juga ada. Aku harus bisa bekerja sama dengan mereka semua. Seru tapi capek dan harus aku lalui. Pengalaman kali ini membuatku lebih semangat lagi untuk terus belajar memperbaiki diri dan yang pasti setelah ini aku harus ikut dalam organisasi. Tidak hanya menjadi anggota tapi harus menjadi pengurus aktif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s