Merantau #21 Organisasi Jejepangan

foto pohon harapan

Di cerita-cerita sebelumnya aku sudah banyak menyinggung tentang jepang, kenapa sih jepang? Ya karna aku suka jepang. Dari lagu, budaya sampai animenya juga, Aku dulu juga pernah belajar Bahasa jepang waktu di SMK, Jadi sayang kalau ilmunya ngak diasah nanti lupa. Makanya waktu UKM Festival aku milih daftar UKM Jepang. Tapi sayangnya setelah selesai masa orientasi mahasiswa baru, aku tidak ladi mendengar kabar tentang UKM Jepang itu, mungkin UKMnya sudah gulung tikar karna tidak ada yang mengurus. Satu tahun berlalu, Sampai suatu saat teman sekamarku ngajak aku ikut Musyawarah Pembentukan UKM jepang. Tapi awalnya dia nawarinya bukan tentang UKM jepang, dia bilang

“pengen belajar organisasi ngak? Ayo ikut gua”

Ditanya mau ngapain tapi dijawabnya selalu “udah ikut aja”. Tapi karna aku yang tergiur tawaranya untuk belajar organisasi ya terima-terima aja. Toh kalau ngak suka tinggal keluar. Sampai akhirnya aku tau forum yang aku ikuti sekarang ini membahas tentang pembentukan UKM Jepang. UKM jepang kali ini diberi nama HOKUSEI singkatan dari (nihon no bungaku no sekai), jangan ditanya artinya yaa, ngak tau soalnya. Tapi untungnya disini aku jadi paham kalau organisasi itu ngak asal berdiri, harus ada landasan yang menjadi dasar organisasi itu ada dan bergerak.

UKM Hokusei dalam pembentukannya cukup menarik banyak pihak. Mungkin karna gebrakannya berani membuat kelas Bahasa dan kelas budaya. Padahal secara kepengurusan kita masih kekurangan tutor. Niat awalnya aku bergabung disini hanya ingin melatih kembali kemapuan berbahasa jepangku. Tapi disini aku malah terjebak menjadi tutor kelas Bahasa. Padahal waktu itu aku sudah lupa gimana menulis huruf hiragana, katanana apalagi kanji (jenis huruf dalam tata Bahasa jepang). Tapi karena pengen berani tampil didepan akhirnya modal nekat memberanikan diri untuk jadi tutor.

Di UKM Hokusei lumayan banyak event yang kita buat. Tapi kalau ditanya event apa yang paling berkesan selama bergabung di Hokusei jawabannya cuman satu yaitu Event Festival Jepang di sumbawa. Sebenarnya ini cuman festival kecil aja, ya karna dananya terbatas. Acara utamanya adalah lomba pidato Bahasa jepang namanya itu Nihongo no Benron Taikai. Selain itu acara festival jepang juga diisi acaranya ada live music, bazar dan yang pasti ada rumah hantu Bahasa jepangnya Obake. Untuk membuat Obake Kami meminjam 1 ruangan kampus untuk disulap menjadi rumah hantu kecil-kecilan. Tak disangka lumayan banyak pengunjungnya, diluar yang diperkirakan. alhamdulillahnya berhasil membuat takut pengunjung, sangking takutnya ada pengunjung yang lari dan nabrak pembatas sampai hampir roboh dekorasi dalam ruangan. Disini kami sediakan juga pohon harapan buat siapa aja yang mau nulis harapan dan berfoto ria. Suasana yang meriah waktu itu seru pokoknya, walaupun banyak drama dalam persiapnnya, bahkan pernah terpikir untuk digagalkan aja event kali ini. tapi akhirnya terlaksana dan berhasil.

Kalau ditanya tentang hambatan atau permasalahan selama di UKM Hokusei, sudah pasti banyak masalah yang ditemui. Karna ini UKM Jepang pasti yang daftar itu kebanyakan para Otaku (sebutan pecinta jejepangan) dan para gamers. Kalian taulah gimana susahnya kerja sama dengan mereka-mereka. Kata tepat waktu itu cuman ilusi di UKM ini. janjian jam 1 datengnya jam 3. Disuruh bicara didepan ngak ada yang mau. Susah banget diajak rapat apalagi megang tanggung jawab. Hanya orang yang kuat iman doang yang bisa bertahan. Menurutku kalau udah bisa ngegerakin Hokusei organisasi yang lain mah gampang, sangking susahnya. Disana aku kerjaanya marah-marah mulu. Sampe pernah di komen dikertas evaluasi ada yang nulis

“santai aja hidup mah, ngak usah serius-serius amat”

Waduuhh ampundah tepuk jidat langsung inimah..

Yaa tapi dibalik segala Hambatan-hambatannya UKM Hokusei tetap mengenang dan berkesan. Sayangnya aku hanya 1 tahun lebih dikit ikut UKM ini. karna aku harus memilih untuk maju dan meninggalkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s