Merantau #25 Liburan atau Pulang

Akhirnya tahun ke-2 akan segera berakhir, Libur panjang sudah menanti. Segala persiapan sudah selesai mulai dari tiket sampai drama pemindahan jadwal uas sudahku selesaikan. Sekarang aku menginap di kos teman supaya tidak ketinggalan pesawat esok pagi. Kali ini aku pulang naik pesawat langsung dari sumbawa, karena kebetulan aku dapat tiket yang lumayan murah.

Tepatnya sekitar minggu awal bulan juni 2017 aku kembali pergi sebentar meninggalkan sumbawa. Jadwal keberangkatanku jam 9 pagi, tapi aku harus cek-in dari jam 8. sekarang ini aku berangkat sendirian dari sumbawa. duduk sendiri di ruang tunggu sekilas terpikir pertanyaan “sebenarnya aku pulang kangen rumah atau hanya ingin main?”.  Aku segera terdasar dari lamunanku sewaktu suara panggilan kepada penumpang untuk segera memasuki pesawat.

Ada yang berbeda dengan kepulanganku kali ini, selain karena aku naik pesawat dari sumbawa, aku juga janjian dengan teman SMK ku yang sedang merantau di padang untuk ketemuan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dia sedang kuliah di padang, sekarang sudah semester 2. kami sebenarnya satu angkatan cuman dia libur dulu 1 tahun. Kami sudah saling berkabar dari malam supaya lebih mudah. Seketemunya di bandara kami langsung naik damri ke arah bogor. Waktu itu sampai dibogor sudah sore. Cuman karena aku bingung karena belum pernah ke bogor kota sendirian jadi tidak tau cara pulang tercepat dan ternyaman. Akhirnya atas saran dari temannya temanku kami putuskan naik kopaja untuk pulang. Apesnya kami kejebak macet dan aku lupa beli makanan buka puasa. Kebetulan juga kami itu beda keyakinan, tapi waktu suara adzan magrib berkumandang dia langsung mengeluarkan susu dan roti untukku buka puasa. Disitu aku langsung hhhmmm, indahnya toleransi kalau dirasakan.

Kami  baru sampai depan jalan masuk kearah rumah ketika waktu sudah lumayan malam. Seharusnya perjalanan kami dilanjutkan dengan naik angkot, tapi sudah hampir setengah jam kami menunggu angkot tak kunjung lewat. Kami putuskan untuk minta dijemput oleh keluarga masing-masing.

Sekarang ini liburan akan lebih panjang, banyak agenda mulai dari reuni bersama pengurus Rohis SMK sampai pulang kampung lagi. Hiruk pikuk perkotaan aku datang…